Langsung ke konten utama

Inilah beberapa kesalahan wudhu dan sholat yang sering di jumpai

 Assalamual'aikum,

Hai Sobat, saya hanyalah orang yang sangat awam dalam hal agama/ibadah, pengalaman saya mendapatkan Ilmu agama hanya sekedar ngaji TPA diwaktu kecil, kemudian sekolah madrasah tsanawiyah (MTs sederajat SLTP) lulus di tahun 2003 dan berhenti sekolah. 

Kesalahan wudhu dan sholat
Gambar umma.id

Kemudian saya pulang dan pernah belajar tentang agama/ngaji kepada beberapa guru ngaji di lingkungan sekitar sini.

Saya sangat menyesal sekali kenapa saya tidak paham-paham soal Agama, saya kira saya sudah benar menjalankan ibadah, eh ternyata masih banyak kesalahan juga.

Contoh kesalahan yang saya lakukan saat wudhu atau sholat dan ibadah lainnya adalah saya tidak niat di dalam hati, itu berlangsung hingga berumur 27 tahun. Saya dulu pahamnya hanya melafalkan dengan bahasa arab saja, padahal melafalkan niat bahasa arab itu hanyalah sunnah saja.

Karena saya ikut mazhab Imam Syafi'i jadi tata cara ibadah yang saya tunaikan harusnya mengikuti pendapat beliau yang mana saya ketahui melalui pengajian fiqih yang disampaikan oleh para ustadz.

Dari Ilmu pengetahuan fiqih yang saya dapat/dengar dari ustadz, ternyata masih saja ada beberapa anggota jama'ah pengajian yang masih melakukan kesalahan dalam beribadah wudhu dan sholat. padahal ibadah sholat sangat penting jadi kalau bisa di sempurnakan semoga bisa sah menurut syariat dan bisa diterima oleh Allah ibadah sholatnya.

Kenapa Wudhu dan Sholat yang saya bahas karena itulah yang tampak baik sengaja maupun tidak disengaja.

Baiklah sobat berikut ini beberapa kesalahan wudhu yang pernah saya lihat

- Saat membasuh wajah

Membasuh wajah adalah termasuk rukun wudhu sob, saya pernah lihat ada yang basuh wajahnya tidak merata yaitu hanya dibagian mata hidung dan mulut saja, padahal batas wajah adalah sampai perbatasan tumbuhnya rambut yakni bagian atas (kening sampai batas tumbuh rambut) bagian samping (kedua pipi sampai batas kedua telinga) sedangkan bawah (sampai bawah dagu) apabila berjenggot hendaknya di sela-sela.

- Membasuh kedua tangan hingga kedua siku.

Rukun wudhu yang inilah yang sering saya ketahui salah dalam mempraktekkan nya, kesalahan yang sering saya lihat adalah membasuhnya tidak sampai kedua siku.

- Membasuh kedua kaki sampai kedua mata kaki

Meskipun terlihat mudah tapi ternyata ada saja yang melakukan kesalahan yakni masih ada bagian kaki yang masih kering, untuk menyempurnakan di sunnahkan menyela-nyela jari kaki dengan jari tangan.

Itulah beberapa kesalahan wudhu yang sering saya lihat sobat

nah yang selanjutnya adalah beberapa kesalahan sholat yang sering/pernah saya lihat/ketahui dalam melaksanakan ibadah sholat fardhu berjamaah

- Niat

Memang sob niat tidak bisa dilihat, karena dilakukannya didalam hati. akan tetapi niat sholat dilakukan bersamaan dengan takbirotul ikhrom, bagaimana jika takbirotul ikhrom yang dilakukan dengan cepat, tentunya saya berfikir bagaimana dia melakukan niat sedangkan takbirotul ikhromnya sangat cepat? kan tidak mungkin niat di ucapkan dalam hati hanya satu detik saja.

- Melakukan rukun Qauli

Dalam sholat ada 3 jenis rukun sholat yakni 1. Qalbi (di ucapkan dalam hati), 2. Qauli (di ucapkan di mulut/bibir sampai terdengar) dan 3. Fi'li (dilakukan dengan gerakan).

Rukun Qalbi adalah niat.

Rukun Qauli adalah Mengucapkan takbirotul ikhrom, membaca alfatihah, membaca tasyahud akhir, membaca shalawat atas Nabi, mengucap salam yang pertama. 

Rukun Fi'li adalah gerakan seperti takbiratul ikhrom, ruku', sujud dan seterusnya.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah saat takbirotul ikhrom ada Jama'ah yang tidak terdengar suaranya saat melafalkan takbir padahal melafalkan takbirotul ikhrom termasuk rukun Qauli. Melafalkan rukun Qauli minimal terdengar oleh diri sendiri sob (tidak boleh hanya di batin saja)

- Selalu bergerak (goyang) atau banyak gerakan

Dalam mazhab Syafii saat sedang sholat melakukan tiga kali gerakan selain gerakan sholat secara berturut-turut bisa membatalkan sholat, seperti contohnya menggaruk dengan tangan pada rasa gatal dengan cara yang salah pun bisa membatalkan sholat. adapun cara menggaruk yang benar adalah dengan cara mengarahkan tangan ke arah tubuh yang gatal kemudian garuk hanya menggunakan satu jari saja, jadi yang gerak hanya satu jari itu saja.

ada juga kasusnya yang selalu goyang saat sholat, yang saya maksud bukan goyang seperti dengar musik ya sob, tapi goyang seperti tidak tahan saat berdiri, saya sendiri belum tahu apakah yang begini bisa membatalkan sholat.

- Kesalahan dalam sujud.

Sujud yang benar adalah ada tujuh bagian tubuh yang harus bersentuhan langsung dengan tempat sujud tanpa terhalang, ke tujuh bagian itu adalah kening, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung jari-jari kaki, yang mana dilakukan dengan agak menekan. ustadz menjelaskan kesalahan yang sering adalah saat sujud ada rambut yang menghalangi kening, atau bila sholat berkalung sorban sedangkan sorban itu menghalangi kening saat sujud juga termasuk yang membuat sholat tidak sah. ada juga saya jumpai jama'ah yang menggunakan peci/kopiah dan terlalu menutupi kening ditambah saat sujud kepalanya terlalu di julekkan sehingga kulit kening sama sekali tidak tersentuh tempat sujud.

ada pula yang merasa sayang karena menggunakan peci baru, sehingga saat sujud sangat berhati-hati atau khawatir pecinya penyok, jadi saat sujud peci dan keningnya tidak sampai mengenai tempat sujud.

- ketinggalan gerakan sholat.

Ketinggalan gerakan sholat ini sangat sering terjadi ya sob, padahal salah satu yang membatalkan sholat berjamaah adalah ketinggalan gerakan imam saat sholat, ada juga saya dengar ketinggalan dua rukun sholat.

- mendahului gerakan imam.

juga salah satu yang membuat sholat batal adalah mendahului imam saat sholat

- Saat menjadi makmum masbuq

Dalam sholat berjamaah ada dua jenis makmum yakni makmum muwafiq dan makmum masbuq

Makmum muwafiq adalah makmum yang tidak terlambat yakni yang mengikuti imam di awal sholat.

Makmum Masbuq adalah makmum yang terlambat, atau menyusul imam, atau yang tidak menangi takbirotul ikhrom imam.

terkadang kesalahan makmun masbuq yang sering terjadi adalah saat imam sedang rukuk kemudian makmum datang dengan terburu-buru memulai sholat, disaat yang bersamaan imam sudah i'tidal (bangun dari rukuk) otomatis makmum masbuq tadi sudah ketinggalan rukuk imam tadi sedangkan dia melakukan rukuk sendirian kemudian membarangi imam, nah praktek yang seperti ini juga adalah sebuah kesalahan. seharusnya tunggu saja saat berdiri, ketinggalan rokaat tidak mengapa nanti bisa di tambah rokaat sendiri.

- Salah membaca tasyahud akhir

Bacaan tasyahud adalah Attahiyyaatul sampai akhir itu sob, pernah saya dengar bacaannya seperti kurang tasydid yakni hanya terdengar atahiyatul

- Salah gerakan salam saat sholat.

Saat salam pertama menoleh kekanan diiringi dengan bacaan Assalamual'aikum warohmatullah, yang sering menjadi kesalahan adalah gerakan menolehnya, yang benar adalah posisi bahu atau pundak tidak ikut digerakkan. Sedangkan yang salah adalah posisi bahu ikut digerakkan, baik itu saat salam pertama ataupun salam kedua.

Itulah beberapa kesalahan sholat yang sering saya melihatnya sobat.

Saya terkadang merasa sebagai orang yang payah, yakni sebagai orang yang tengah-tengah, pintar tidak bodoh juga tidak, yang bisanya cuma protes, disuruh didepan tidak mau, saat dibelakang cuma bisa nyrimpeti saja.

Saya juga heran pada diri sendiri, kenapa selalu mengetahui kesalahan orang lain, padahal belum tentu saya sudah benar menjalankan ibadah.

Saya juga merasa bagaimana ya, kok saya tahu kesalahan-kesalahan yang demikian, sedangkan saya tidak berani membenarkannya. Kenapa saya harus tahu.. apakah saya berdosa jika tidak memberi tahu kesalahan-kesalahan tersebut.

Ah sudahlah

Komentar

  1. Nah ini, saya juga kadang melihat orang yang wudhu saat membasuh muka, airnya cuma di cipratkan.. terutama anak - anak. Artikelnya bagus kak, Pada bulan ramadhan ini saling mengingatkan satu sama lain, terutama kesalahan dalam berwudhu.. Terima kasih kak hehe... 😁👍👍

    BalasHapus
  2. Dulu waktu masih SD aku justru basuh kaki sampai lutut... wkwk. Padahal udah dibilangin Ibu tapi ngeyel gara-gara di sekolah gurunya ngajarin gitu

    BalasHapus

Posting Komentar

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.